Senin, 13 Juni 2011

Manusia Dan Keadilan

manusia adalah manusia yang tidak sempurna dan tidak luput juga dari rasa bersalah. kali ini saya akan membahas hubungan antara manusia dan keadilan. hubungan antara manusia dan keadilan adalah sesuatu yang tidak bisa di pisahkan. keadilan sendiri di ambil dari kata adil yang berarti dalam bahasa indonesia berarti tidak membeda bedakan satu sama lain atau bisa di bilang berlaku yang seharus nya di benarkan.

contoh hubungan manusia dan keadilan pun banyak tercermin dalam kehidupan sehari har sebagai contoh sederhana nya saja adalah bagaimana kita misalkan sebagai orang tua harus adil kepada anak dan istri karena kita adalah kepala keluarga dan contoh lagi dalam keluarga adalah dimana seorang ayah tidak membeda bedakan anak anak nya kalo keadilan tidak tercipta di keluarga niscaya kehidupan keluarga yang tidak ada keadilan pun tidak akan harmonis dan akan di timpa masalah. itu dari segi keluarga bagaimana kehidupan manusia dan keadilan di terapkan dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat? contoh yang paling kongkrit keadilan dalam kehidupan bermasyarakat adalah bagaimana ketua rt bisa merukunkan semua warga nya sehingga terciptalah suasa yang nyaman dan tentran.

itu tadi adalah contoh manusia dan keadilan dalam segi keluarga dan kehidupan bersosial atau masyarakat. bagaimana jika keadilan di tingkat kan lagi dalam level misalkan menjadi hakim. hakim adalah orang yang sangat di wajibkan untuk berbuat adil kalopun hakim sudah tidak adil itu adalah ciri hakim yang tidak benar. contoh dalam kasus adalah seorang hakim memenangkan terdakwa salah satu pihak padahal pihak yang di menangkan nya adalah pihak yang bersalah seharus nya. ini lah yang harus di benahi dalam sistem tata hukum indonesia di mana yang benar haru di tegakan dan yang salah harus di tindas. masyarakat indonesia adalah masyarakat yang majemuk tidak seharus nya kan keadilan bisa di beli dengan uang :) dan itu tadi sedikit cerita saya tentang manusia dan keadilan semoga bermanfaat buat saya terutama dan pembaca sekali. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar